PERFORMANCE HIGHLIGHT
Perseroan berhasil membukukan Penjualan Bersih sebesar Rp887 miliar
Perseroan berhasil membukukan Penjualan Bersih sebesar Rp887 miliar atau tumbuh 32% dibandingkan Penjualan Bersih di tahun 2015 sebesar Rp669 milyar. Sedangkan Laba Bersih Tahun Berjalan meningkat 70% menjadi Rp55 miliar dari Rp32 miliar di tahun 2015. Kenaikan Penjualan Bersih dan Laba Bersih tersebut adalah lebih tinggi dari target pertumbuhan minimum yang ditetapkan Perseroan untuk tahun 2016 yaitu sebesar 15%. Penjualan Bersih yang terus meningkat secara konsisten dari tahun ke tahun menguatkan keyakinan kami bahwa Perseroan mampu untuk terus tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan untuk mewujudkan Visi-nya.
Pendapatan Perseroan dari bisnis minuman adalah sebesar Rp. 564,2 miliar yang merupakan kenaikan 57% dibandingkan tahun 2015 sedangkan pendapatan Perseroan dari bisnis kosmetika adalah Rp. 323,4 miliar yang merupakan kenaikan sebesar 5% dibandingkan tahun 2015. Mengingat profitabilitas Perseroan tidak dicatat terpisah maka profitabilitas bisnis minuman dan kosmetika secara bersama-sama adalah sebesar Rp. 56,0 miliar yang merupakan kenaikan 70% dibandingkan 2015.
Dengan pertumbuhan penjualan air kemasan Perseroan yang cukup signifikan selama tahun 2015 - 2016 yang sebagian besar dikontribusikan oleh Nestle Pure Life, maka untuk mengantisipasi peningkatan penjualan air kemasan di masa mendatang Perseroan memutuskan menambah satu lini produksi di pabrik Sengon. Untuk itu Perseroan melakukan pembelian mesin produksi air kemasan baru beserta perlengkapannya senilai sekitar US$ 7 juta. Pendanaan untuk pembelian mesin produksi tersebut berasal dari dana internal dan pinjaman Bank.
FINANCIAL HIGHLIGHT
Penjualan Bersih
Perseroan mengalami peningkatan Penjualan yang cukup baik di tahun 2016 yaitu sebesar Rp 217,9 miliar yang merupakan kenaikan 32 % dibandingkan tahun 2015 sebesar Rp. 669,7 miliar. Kenaikan tersebut 16,8 % lebih baik dari angka kenaikan Penjualan Perseroan di tahun 2015.
Aset
Jumlah Aset Perseroan pada tanggal 31 Desember 2016 adalah Rp 767,5 miliar, naik 17% dibandingkan 2015 sebesar Rp 653,2 miliar. Aset Lancar Perseroan per 31 Desember 2016 naik 16% dibandingkan tahun 2015 menjadi Rp 319,6 miliar. Kenaikan Aset Lancar tersebut disebabkan peningkatan Piutang Usaha Rp 27,2 miliar dan peningkatan Uang Muka dan Beban Dibayar Dimuka sebesar Rp 6,3 miliar, sejalan dengan peningkatan Penjualan Perseroan di tahun 2016. Aset Tidak Lancar Perseroan per 31 Desember 2016 adalah sebesar Rp. 447,9 miliar, sedangkan Aset Tidak Lancar per 31 Desember 2015 adalah Rp 376,9 miliar. Kenaikan sebesar 18% tersebut disebabkan terutama oleh karena peningkatan Aset Tetap yang naik 32% dibandingkan tahun 2015.
Ekuitas
Kinerja positif Perseroan di tahun 2016 menghasilkan peningkatan dalam Jumlah Ekuitas per 31 Desember 2016 menjadi Rp 384,4 miliar, naik 17 % dibandingkan tahun sebelumnya.
Laba Kotor
Laba Kotor Perseroan per 31 Desember 2016 mencapai Rp 459,8 miliar, sedangkan Laba Kotor per 31 Desember 2015 adalah Rp 339,7 miliar. Kenaikan tersebut terutama adalah karena naiknya Penjualan Perseroan.
RENCANA STRATEGIS
Perseroan yakin bahwa bisnis air minum dalam kemasan akan terus bertumbuh sehingga permintaan akan terus meningkat sejalan dengan makin tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya air minum yang berkualitas bagi kesehatan. Produk minuman susu kedelai berbagai rasa dengan merk Pureal yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu saat ini masih terus memperkuat posisinya di pasar dan memperluas distribusi.
Pureal menjadi pilihan yang sangat menarik terutama bagi mereka yang karena kesibukannya hanya memiliki waktu terbatas untuk mengkonsumsi asupan yang sehat dan bernutrisi tinggi. Produk perawatan rambut merk Makarizo dan Concept yang dipasarkan Perseroan masih terus bertumbuh di tengah ketatnya persaingan di industri kosmetik. Inovasi produk dan pemasaran tetap menjadi kata kunci untuk memenangkan persaingan. Beberapa varian baru dan penyempurnaan produk telah memberikan kontribusi pada Penjualan Perseroan.
Pertumbuhan ekonomi Nasional yang relatif tinggi selama dasawarsa terakhir telah menciptakan kelas menengah yang peduli terhadap pola hidup sehat dan kualitas suatu produk. Kelompok ini, yang masih terus bertumbuh, sangat tepat menjadi konsumen loyal untuk produk-produk Perseroan yang selalu menjaga kualitas dan mendukung pola hidup sehat.
* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id