BEYOND CONSTRUCTION AND TRANSFORMATION
Tahun 2015 merupakan tahunnya infrastruktur Indonesia. Sebagai salah satu pelaku industri konstruksi nasional, ADHI melihat hal tersebut sebagai peluang baik yang berpotensi besar memajukan usaha ADHI secara berkelanjutan. Keberlangsungan usaha ADHI didukung oleh program transformasi yang salah satunya diupayakan melalui pengembangan usaha dari yang semula hanya fokus pada jasa konstruksi, sekarang memiliki 4 (empat) bidang usaha inti yaitu Jasa Konstruksi; Engineering, Procurement & Construction (EPC); Properti/Real Estat; dan Manufaktur Precast. Adalah komitmen ADHI untuk senantiasa berkarya dalam rangka mendukung program pemerintah dengan melakukan percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Langkah strategis yang ADHI ambil melalui diversifikasi usaha tersebut diharapkan dapat melaju lebih kencang dari program transformasi yang sedang ADHI jalankan.
Keduanya menjadi momentum positif bagi ADHI dalam meraih aspirasinya “Menjadi Perusahaan Konstruksi Terkemuka di Asia Tenggara”. Transformasi bidang usaha ADHI tersebut sejalan dengan upaya pemerintah memperbaiki serta mengembangkan pembangunan infrastruktur Indonesia menuju beyond construction.
PERFORMANCE HIGHLIGHT
Kenaikan Pendapatan Usaha sebesar Rp9,4 triliun
Akibat peningkatan perolehan kontrak baru di sepanjang 2015, maka Perseroan membukukan kenaikan Pendapatan Usaha sebesar Rp9,4 triliun atau naik 8,5% dari Rp8,7 triliun di tahun 2014. Sementara untuk Laba Usaha, Perseroan juga mencatat kenaikan sebesar 17,4% menjadi Rp850,7 miliar di tahun 2015, dari Rp724,9 miliar di tahun 2014. Seiring dengan peningkatan tersebut di atas, Laba Bersih Perseroan di tahun 2015 turut meningkat yaitu sebesar 40,9% menjadi Rp463,7 miliar di tahun 2015, dari Rp329,1 miliar di tahun 2014.
Di tengah maraknya pembangunan infrastruktur di Indonesia di sepanjang tahun 2015 dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mempercepat pengembangan infrastruktur, maka sebagai salah satu perusahaan konstruksi terbesar di Indonesia, lini bisnis Konstruksi ADHI mencatat pertumbuhan Pendapatan Usaha - Bersih sebesar 17,8% menjadi Rp8,6 triliun di tahun 2015 dari Rp7,3 triliun di tahun 2014.
Di tahun 2015, lini bisnis EPC memberikan kontribusi Pendapatan Usaha sebesar Rp635,5 miliar atau lebih rendah 26,4% dibandingkan Pendapatan Usaha di tahun 2014 yang berjumlah Rp863,1 miliar. Seiring dengan melambatnya pertumbuhan kondisi industri properti Indonesia di tahun 2015, lini bisnis Properti/Real Estat ADHI turut mengalami penurunan pertumbuhan Pendapatan Usaha sebesar 28,9% menjadi Rp610,6 miliar dari Rp858,8 miliar di tahun 2014. Pertumbuhan Pendapatan Usaha lini bisnis Manufaktur Precast ADHI mengalami penurunan sebear 9.6% menjadi Rp149,0 miliar di tahun 2015, dari Rp164,9 miliar di tahun 2014.
FINANCIAL HIGHLIGHT
Pendapatan Usaha
Pendapatan usaha Perseroan sebesar 48,51% menjadi Rp9,4 triliun dari Rp8,7 triliun di tahun 2014.
Laba
laba bersih Perseroan tercatat meningkat 40,9% menjadi Rp463,7 miliar dari Rp 329,1 miliar di tahun 2014.Laba Usaha, Perseroan juga mencatat kenaikan sebesar 17,4% menjadi Rp850,7 miliar di tahun 2015, dari Rp724,9 miliar di tahun 2014.
RENCANA STRATEGIS
Dalam rangka menjalankan rencana jangka menengah (atau rencana strategis lima tahunan 2016-2020), di tahun 2016 ADHI akan menitikberatkan strateginya pada peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) guna mendukung kinerja ADHI secara keseluruhan. Hal krusial tersebut harus dijalankan di tahun 2016 dengan membekali seluruh insan ADHI dengan berbagai ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang dan keahlian masing-masing individu.
Tujuannya adalah untuk mempersiapkan SDM yang siap menjadi pemimpin di kemudian hari. ADHI akan melanjutkan upayanya dalam memperkuat sistem infrastruktur melalui pengembangan kompetensi karyawan yang berkelanjutan serta pemanfaatan sistem teknologi informasi terkini.
Memasuki tahun 2016, ADHI akan berupaya keras untuk bisa tetap melanjutkan dan menyelesaikan tugas-tugasnya sesuai rencana bisnis yang telah ditetapkan dengan penuh semangat, kaya inovasi dan secara profesional. Selain itu, berbekal sinergi yang positif antara ADHI dengan seluruh mitra usaha dan pemangku kepentingan lainnya, maka tentunya kinerja ADHI bisa ditingkatkan secara berkesinambungan.
* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id