MENDORONG PERTUMBUHAN MENDUKUNG KEMAJUAN
PERFORMANCE HIGHLIGHT
Pada tahun 2015 Citi berhasil mencetak Laba Bersih senilai IDR 1.567 milyar
Pada tahun 2015 Citi berhasil mencetak laba bersih senilai IDR 1.567 milyar dengan peningkatan aset sebesar 14,6% dibandingkan tahun sebelumnya. Citi Indonesia juga berhasil membukukan rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPPM) sebesar 28.2%. Kinerja ini tidak lepas dari strategi Perseroan untuk menjadi bank dengan konsep simpler, smaller, safer and stronger. Citi senantiasa berkomitmen untuk melayani dan memberikan solusi finansial terbaik bagi nasabah dalam menghadapi berbagai kondisi perekonomian.
Sebagai bank berskala global yang terus mengutamakan inovasi, terutama di ranah digital, Citibank N.A., Indonesia pada tahun 2015 meluncurkan empat Smart Branch. Keempat cabang tersebut menawarkan berbagai fleksibilitas dan kenyamanan melalui solusi perbankan digital yang paripurna. Sebelumnya Citi juga telah membuka lima Smart ATM yang dapat ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan terkemuka. Di lini kartu kredit, Citi melakukan peluncuran kembali kartu kredit Citi-Telkomsel yang memiliki berbagai fitur dan manfaat yang menarik bagi nasabah. Produk ini adalah satu-satunya hasil kerjasama antara perusahaan perbankan dan telekomunikasi di Indonesia. Peluncuran berbagai fasilitas ini adalah wujud dari komitmen Citi untuk senantiasa berada di depan dalam memberikan pelayanan perbankan yang mengesankan bagi nasabah.
Citi sebagai salah satu Bank yang dapat mengelola rekening milik Kementerian Negara/Lembaga Negara
Berbagai pencapaian tersebut dikukuhkan melalui sejumlah penghargaan, antara lain sebagai Best Bank dari The Asset, Best Foreign Bank dari Alpha Southeast Asia, Best Transaction Bank for Indonesia dari The Asset, Best Global Bank dari Euromoney, Best Consumer Digital Banking for Indonesia dari Global Finance, Best Wealth Management Bank in Indonesia dari The Asian Banker dan Best Bank in Digital Services dari Tempo Media. Dari Pemerintah Indonesia, Citi juga berhasil mendapat beberapa penghargaan dan kepercayaan seperti dipilihnya Citi sebagai salah satu bank yang dapat mengelola rekening milik kementerian negara/lembaga negara/satuan kerja anggaran dari Kementerian Keuangan serta diperolehnya penghargaan sebagai Bank Persepsi Terbaik dari Kantor Pusat Penerimaan Negara.
FINANCIAL HIGHLIGHT
Aset
Aset Citibank, N.A., Indonesia meningkat sebesar 14,6% dibandingkan tahun sebelumnya dan mencapai IDR 74.558 milyar.
ROE
Imbal Hasil Ekuitas (ROE) berada di 10,7%. Imbal Hasil Aset (ROA) berada di 2,8%, lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata industri perbankan perusahaan asing1.
Pendapatan Bunga Bersih
Pendapatan Bunga Bersih di tahun 2015 adalah IDR 3.370 milyar, lebih tinggi IDR 155 milyar atau 4,8% dari tahun sebelumnya.
Loan (Kredit)
Total Kredit yang diberikan setelah cadangan kerugian penurunan nilai tumbuh sebesar 0,8% dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan mencapai IDR 38,495 milyar.
DPK
Jumlah dana pihak ketiga pun mengalami peningkatan sebesar 17,5% menjadi IDR 49.540 milyar pada tahun 2015.
RENCANA STRATEGIS
Dalam menjalankan peran sebagai warga korporasi yang baik, Citi juga berusaha untuk memberikan manfaat dan dampak yang positif pada komunitas di mana Citi beroperasi. Secara global Citi berfokus pada tiga pilar, yaitu memperluas kesempatan ekonomi bagi kaum muda, transformasi kawasan urban dan inklusi keuangan. Melalui paying kegiatan kemasyarakatan Citi Peka (Peduli dan Berkarya), Citi di Indonesia memberikan kontribusi di bidang kemajuan kewirausahaan dan penyerapan tenaga kerja bagi kaum muda; peningkatan literasi keuangan bagi perempuan, petani dan pengusaha kecil; serta pemberian penghargaan bagi pengusaha mikro. Seluruh kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mendukung agenda pemerintah, khususnya Otoritas Jasa Keuangan dalam mewujudkan masyarakat cerdas keuangan.
Sejalan dengan misi Bank Indonesia untuk meningkatkan efisiensi, Citibank, N.A., Indonesia telah mendorong proses re-engineering dengan visi untuk menyederhanakan proses, meningkatkan produktivitas dan efisiensi, dan mengidentifikasi sinergi antar unit. Citi melakukan beberapa hal berikut yang meliputi:
1. Memanfaatkan teknologi untuk menyederhanakan dan mengotomatisasi proses.
2. Mendorong nasabah untuk menggunakan platform elektronik dalam menginisiasi transaksi seperti: e-Delivery untuk tagihan dan advis, dan peningkatan fungsi Citi Online dan Mobile Banking (seperti pembayaran tagihan, transfer dana secara online dan aplikasi mobile).
3. Produk dan Pelayanan yang dibedakan menurut Segmen/ Nasabah, seperti alur kerja yang telah ditentukan untuk permintaanpermintaan umum agar pelacakan dan eskalasi menjadi efektif.
4. Negosiasi atas harga Vendor.
5. Meninjau & mengidentifikasi sinergi antara bisnis atau tim.
* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id