PT BANK MAYORA

BANK MAYORA Laporan Tahunan 2015

TEKAD KUAT MENGATASI TANTANGAN

Tahun 2015 merupakan tahun yang penuh tantangan. Melambatnya pertumbuhan ekonomi global dan nasional memberikan dampak yang cukup besar terhadap pertumbuhan hampir semua sektor industri. Di tengah kondisi tersebut, Bank MAYORA terus memantapkan komitmen untuk mewujudkan visi menjadi Bank ritel dan consumer yang sehat, terpercaya dalam layanan dan mampu menyediakan solusi keuangan terbaik.

Tahun 2015 juga menjadi momentum positif bagi Bank MAYORA dalam memperkuat struktur permodalan dengan masuknya International Finance Corporation (IFC) sebagai pemegang saham Perusahaan. Kehadiran IFC semakin membuat Bank MAYORA siap menghadapi tantangan usaha ke depan dan terus meraih pertumbuhan berkelanjutan.

PERFORMANCE HIGHLIGHT

BANK MAYORA Berhasil Mencapai Target RKAP

Kinerja BANK MAYORA tahun 2015 secara umum berhasil mencapai target Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) yang telah ditetapkan sebelumnya. Bank MAYORA berhasil membukukan pertumbuhan aset sebesar 11,24%, dari Rp4.621 miliar pada tahun 2014 menjadi Rp5.141 miliar di tahun 2015. Pendapatan bunga tumbuh 26,87% menjadi Rp447,10 miliar dan laba tahun berjalan meningkat menjadi Rp44,13 miliar, tumbuh 155,69% dari sebelumnya yang sebesar Rp17,26 miliar.

Membuka Kantor Baru

Sepanjang tahun 2015, Bank Mayora telah membuka tiga kantor baru, yaitu Kantor Cabang Pembantu (KCP) Suryakencana - Bogor, Kantor Kas (KK) Batujajar - Bandung, dan Kantor Cabang (KC) Surabaya. Peresmian Kantor Cabang Pembantu (KCP) Suryakencana (Bogor) dilaksanakan pada 6 Juni 2015. KCP Suryakencana berada di sentral bisnis UKM di daerah Suryakencana, salah satu pusat ekonomi daerah yang berdaya tarik cukup tinggi di kota Bogor.

Eksistensi Bank Mayora di kota Bogor diawali dengan kantor-kantor pendahulunya, yaitu KCP Tajur, KCP Cileungsi, KK Cileungsi, dan KK Pasar Anyar. Sementara itu di wilayah Jawa Barat lainnya, Bank Mayora memperluas ekspansinya di kawasan Bandung dengan membuka Kantor Kas (KK) Batujajar pada 5 November 2015. Lokasi KK Batujajar yang dekat dengan Pasar Batujajar memungkinkan Bank Mayora memenuhi kebutuhan perbankan masyarakat, serta menyalurkan pembiayaan bagi para pelaku UKM. KK Batujajar merupakan kantor Bank Mayora yang ke-3 di Bandung, didahului oleh Kantor Kas (KK) Soekarno Hatta dan Kantor Cabang Utama (KCU) Ahmad Yani.

Bank MAYORA Raih Predikat “Baik” dalam Indonesia GCG Award 2015

Atas kinerja Tata Kelola Perusahaan yang mendapat penilaian ‘Baik’, Bank MAYORA meraih penghargaan dalam ajang Indonesia Good Corporate Governance Award 2015 yang diselenggarakan oleh majalah Economic Review dan IPMI International Business School.

FINANCIAL HIGHLIGHT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Aset

Bank MAYORA berhasil membukukan pertumbuhan aset sebesar 11,24%, dari Rp4.621 miliar pada tahun 2014 menjadi Rp5.141 miliar di tahun 2015.

Total Liabilitas

Liabilitas Bank MAYORA tahun 2015 tercatat sebesar Rp4.079,99 miliar, mengalami peningkatan sebesar Rp92,81 miliar (2,33%) dibandingkan tahun 2014 yang sebesar Rp3.987,17 miliar.

Total Ekuitas

Total ekuitas pada tahun 2015 tercatat sebesar Rp1.061,07 miliar, meningkat sebesar Rp426,49 miliar (67,21%) dari tahun 2014 yang sebesar Rp643,58 miliar.

Laba Usaha

Pendapatan bunga tumbuh 26,87% menjadi Rp447,10 miliar dan laba tahun berjalan meningkat menjadi Rp44,13 miliar, tumbuh 155,69% dari sebelumnya yang sebesar Rp17,26 miliar.

RENCANA STRATEGIS

Pelayanan Terbaik di Segmen Ritel dan Konsumer

Bank MAYORA fokus dan berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik pada nasabah khususnya di segmen ritel dan konsumer. Pertumbuhan kredit perbankan nasional pada 2016 ini diprediksi masih berada pada kisaran 12%-14%. Prospek di sektor konsumsi rumah tangga akan meningkat seiring program Pemerintah yang fokus pada pengembangan infrastruktur untuk meningkatkan daya saing menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Kredit korporasi masih berpeluang tumbuh karena merupakan tumpuan dunia usaha. Sektor usaha kecil, mikro, kecil dan menengah (UMKM) masih akan menjadi primadona, baik melalui pembiayaan langsung maupun lewat executing dan channeling.

Pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) perbankan nasional diproyeksikan berada pada kisaran 13%-15%. Pengetatan likuiditas yang masih akan berlangsung pada 2016 ini membuat bank-bank berusaha keras untuk mengamankan likuiditas dan menunjang pertumbuhan kreditnya, sehingga berpotensi untuk memicu semakin tingginya persaingan suku bunga simpanan yang berdampak pada tingginya biaya dana atau cost of fund.

Bank MAYORA Bersifat Fleksible Agar Menjangkau Seluruh Pasar

Pada tahun 2016 BANK MAYORA fokus untuk meningkatkan aspek pemasaran dengan memperbanyak credit program untuk membidik segmen usaha yang memiliki prospek pertumbuhan yang baik, meningkatkan referal kredit dari kantor-kantor cabang yang dimiliki. Dalam perannya untuk mendukung sektor usaha mikro, Bank MAYORA menawarkan fasilitas pinjaman bagi nasabah perusahaan berskala kecil dan mikro, dengan menyalurkan secara langsung fasilitas kredit investasi untuk pemilikan tempat usaha dan kredit modal kerja kepada pedagang pasar tradisional dan menyalurkan pinjaman dengan pola executing melalui kerjasama dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Keunggulan komparatif yang dimiliki oleh Bank MAYORA di segmen mikro selain suku bunga yang kompetitif adalah adanya layanan pick-up service, yaitu layanan pembayaran angsuran melalui petugas penagihan yang langsung mengunjungi nasabah secara terjadwal, khususnya nasabah di pasar tradisional.

Segmen Konsumer

Fitur fasilitas pinjaman konsumer Bank MAYORA bersifat fleksibel agar dapat menjangkau seluruh pasar. Fasilitas pinjaman konsumer yang ditawarkan oleh Bank MAYORA cukup beragam, antara lain Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) dan Kredit Multi Guna (KMG). Keunggulan yang dimiliki oleh Bank Mayora dalam menggarap segmen konsumer selain fleksibilitas adalah suku bunga yang kompetitif serta kemudahan proses, dimana nasabah dapat mengajukan permohonan kredit konsumsi melalui kantor cabang Bank MAYORA terdekat.

Keterangan:


Tahun
2015
Peserta ARA
Ya
Kategori ARA
Private Keuangan Non Listed (PKNL)
Penghargaan
Jumlah Halaman
316
Kantor Akuntan Publik
Paul Hadiwinata, Hidajat, Arsono, Ahmad, Suharli & Rekan (Member of PKF International)
Biro Administrasi Efek
N/A
Kustodian
N/A
Agen Pemeringkat
N/A
Persatuan Karyawan
N/A
NPWP
N/A
TDP
N/A
SIUP
N/A
Tags
Bank Mayora,laporan tahunan,2015,perbankan

* Galeri memuat data laporan tahunan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Informasi, permintaan pemuatan maupun perubahan, hubungi: info@annualreport.id


Download Read PDF